Simak Tips Mudah Memperbaiki Skor Kredit Anda!

Kaget karena skor kredit Anda berada di zona yang tidak aman? Jangan khawatir! Anda masih bisa memperbaiki skor kredit dengan meninjau kembali aktivitas kredit Anda. Skor kredit memang tidak bisa Anda kontrol secara langsung dan sedikit sulit untuk diduga-duga. Tetapi, selama Anda tahu tips memperbaiki skor kredit yang tepat, besar kemungkinan skor kredit Anda bisa meningkat ke zona aman.

Fungsi skor kredit adalah sebagai indikator untuk menentukan apakah seseorang layak untuk mendapatkan kredit (pinjaman) atau tidak. Nilai tersebut mencakup segala macam riwayat kredit individu yang berhubungan dengan lembaga keuangan.

Lewat Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), Anda bisa memperoleh berbagai macam informasi seputar riwayat kredit Anda, yaitu data pokok debitur, plafon kredit, kualitas kredit, baki debet, beban bunga, cicilan pembayaran, serta denda atau penalti pinjaman.

Selain itu, SLIK juga memiliki informasi seputar status agunan, rincian peminjaman kredit, data pinjaman yang masih berjalan, agunan yang masih dijaminkan, pinjaman yang tertunggak, dan sebagainya.

Nah, dari semua informasi mengenai skor kredit, hal yang paling penting adalah bagaimana cara mempertahankan dan meningkatkan skor kredit Anda. Supaya lebih jelas, mari perhatikan penjabarannya berikut ini :

1. Perhatikan Kelancaran Kolektabilitas Anda

Jangan sampai Anda menunggak angsuran kredit lebih dari batas waktu yang telah ditentukan. Kolektabilitas yang macet alias tidak lancar akan sangat memengaruhi skor kredit Anda. Sebab, hal ini akan merugikan pihak lembaga keuangan secara langsung karena Anda tidak membayar angsuran tepat waktu.

2. Jaga Kualitas Portofolio Kredit

Anda juga harus aktif dalam menggunakan kredit. Memiliki dua atau lebih produk kredit dengan kolektabilitas lancar itu lebih baik daripada hanya menggunakan satu produk kredit saja meskipun kolektabilitasnya juga lancar. Pilihlah produk kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda agar Anda tidak merugi di kemudian hari.

3. Gunakan Kredit Secara Bijak

Meskipun memiliki lebih dari satu kredit lebih baik, Anda tetap harus bijak dalam menggunakan kredit, khususnya kartu kredit. Jangan biarkan perilaku konsumtif memupuk utang Anda pada bank sehingga Anda tidak sanggup membayarnya tepat waktu. Dengan menggunakan produk kredit secara bijak, Anda hanya akan mendapatkan keuntungan dari kredit saja, bukan kerugiannya.

Dengan melakukan usaha-usaha di atas, peluang bagi skor kredit Anda untuk meningkat akan semakin besar. Akan tetapi, perlu diingat bahwa cara-cara di atas tidak bisa menjamin peningkatan skor kredit Anda secara 100%. Sebab, skor tersebut ditentukan oleh SLIK yang sangat bergantung pada riwayat kredit Anda, bukan hanya sekedar kredit Anda di masa kini.

Namun, dengan berusaha menjadi pengguna kredit yang pintar dan bijak, skor kredit Anda akan berangsur membaik perlahan-lahan seiring dengan membaiknya riwayat aktivitas kredit Anda. Nah, ada baiknya Anda belajar lebih banyak lagi mengenai skor kredit di https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/ karena informasinya lengkap.

Jika berminat mengajukan pinjaman, Anda juga bisa mengajukannya melalui CekAja.com karena syaratnya mudah dan produk kreditnya tentu menguntungkan! Yuk, tunggu apalagi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *