Skor Kredit Menurun? Yuk Simak, Tips Meningkatkan Skor Kredit

Permohonan kredit pada lembaga keuangan seringkali terjadi karena adanya masalah pada skor kredit. Memang, skor ini bersifat penting karena digunakan sebagai alat untuk menganalisis kelayakan Anda menerima pinjaman dari pihak penyedia kredit. Oleh karena itu, Anda harus tau tips meningkatkan skor kredit yang benar agar tidak salah langkah.

Dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dinaungi oleh OJK, skor kredit digolongkan ke dalam 5 jenis golongan, yaitu Kolektabilitas 1 (kredit lancar), Kolektabilitas 2 (kredit dalam perhatian khusus), Kolektabilitas 3 (kredit tidak lancar), Kolektabilitas 4 (kredit diragukan), dan Kolektabilitas 5 (kredit macet).

Satu-satunya zona aman yang harus Anda usahakan adalah Kolektabilitas 1. Sebab, Kolektabilitas 2 pun sudah dianggap berbahaya karena kepercayaan lembaga keuangan pada Anda sudah semakin menurun. Dengan begitu, kesempatan Anda untuk bisa mendapatkan produk kredit yang Anda inginkan pun akan semakin mengecil. Kalau sudah begitu, tentu kerugian akan berada pada pihak Anda, bukan?

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk meningkatkan skor kredit. Mau tahu bagaimana caranya? Mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Jadilah pengguna produk kredit yang pintar

Anda harus pahami betul mengenai produk kredit yang Anda ingin ajukan, seperti jangka waktu angsuran, besar bunga pinjaman, beserta seluruh syarat dan ketentuannya. Jangan sampai Anda salah memilih produk kredit yang nantinya bisa merugikan Anda karena kesalahan perhitungan di awal. Setelah mendapatkan kredit yang sudah diinginkan, gunakan produk kredit secara bijak agar tidak terlibat masalah di kemudian hari.

2. Perhatikan kualitas portofolio kredit Anda

Menggunakan kredit secara minimal tidak selalu bisa menyelamatkan skor kredit Anda. Lebih baik, Anda memiliki lebih dari satu produk kredit dengan kolektabilitas lancar daripada hanya memiliki satu produk kredit saja meskipun kredibilitasnya juga lancar. Misalnya seperti kartu kredit. Memiliki lebih dari satu kredit dengan penggunaan yang bijak berpeluang untuk meningkatkan skor kredit Anda daripada hanya memiliki satu kartu kredit saja.

3. Hindari menunggak angsuran

Ini adalah salah satu step paling krusial dalam urusan kredit. Jangan sampai Anda menunggak pada kreditur, karena akan sangat berpengaruh pada skor kredit Anda. Jika skor kredit Anda sudah menurun, besar kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan mendapatkan produk kredit yang diinginkan.

Nah, itu dia berbagia usaha yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skor kredit Anda. Dengan skor kredit yang tinggi, semakin besar pula kesempatan Anda untuk mendapatkan produk kredit yang Anda inginkan.

Supaya lebih jelas, ada baiknya Anda mencari informasinya melalui
https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/ untuk mendapat informasi lebih banyak seputar skor kredit maupun perihal finansial lainnya. Jadi, Anda akan semakin pintar dalam mengendalikan skor kredit Anda dengan memahami betul apa sebenarnya fungsi skor kredit itu. Yuk, mampir ke Cekaja.com!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *